Selasa, 14 Maret 2017

Tugas 1 Rekom Bahasa Indonesia 2

Tugas 1 Rekom Bahasa Indonesia 2





UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI


TUGAS REKOMENDASI




BAHASA INDONESIA 2

Nama : Dony umbara
NPM : 12111215
Jurusan : Sistem Informasi
Fakultas : Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
Pembimbing : Novia Fatimah, MT


JAKARTA
2017














SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah : Bahasa indonesia 2
Fakultas : Teknologi Industri dan Ilmu Komputer
Jurusan : S1-Teknik Informatika dan S1-Sistem Informasi

1. Teknik Pembelajaran :
Aktivitas Dosen :  Menjelaskan , Tanya Jawab,
Aktivitas Mahasiswa :  Menyimak, tanya jawab, mengerjakan latihan

 
2. Tugas : Tugas       dan Kuis
3. Media Pembelajaran : OHP, OHT, Papan Tulis, Kapur
                                      Microphone, Hand Out, Buku Teks
4. Kelulusan : Tugas, Kehadiran ,UTS , UAS







PERTEMUAN

POKOK BAHASAN & TIU
SUB POKOK BAHASAN & TIK

TEKNIK PEMBELAJARAN

MEDIA PEMBELAJARAN
REFERENSI
1
Pokok Bahasan: Penalaran
TIU: Mahasiswa memahami Proses Penalaran
Pengertian Penalaran
Proposisi
Inferensi dan Implikasi
Wujud Evidensi
Cara Menguji Data
Cara Menguji Fakta
Cara Menilai Autoritas
Mahasiswa  menyimak,  mencatat, tanya jawab
OHP, Papan Tulis, Buku Teks

No. 3
2
Berpikir Deduktif
Tujuan Instruksional Umum :Mahasiswa mampu memahami cara berpikir deduktif  dan jenis-jenisnya.

Silogisme kategorial
Silogisme hipotetis
Silogisme alternatif
Entimem
Mahasiswa  menyimak,  mencatat, tanya jawab
OHP, Papan Tulis, Buku Teks

No. 3
3
Pokok Bahasan :
Berpikir Induktif
TIU : Mahasiswa mampu memahami tentang
Cara berpikir induktif dan jenis-jenisnya


Generalissi
Hipotese dan Teori
Analogi
Hubungan Kausal
Induksi dalam metode eksposisi
Mahasiswa  menyimak,  mencatat, tanya jawab
OHP, Papan Tulis, Buku Teks

No. 3
4
Pokok Bahasan
 Karangan Ilmiah. Non-ilmiah, dan Tidak Ilmiah
TIU : Mahasiswa memahami macam, sifat, dan ciri-ciri karangan.
Pengertian  Karangan
Macam, sifat, dan bentuk karangan
Ciri-ciri karangan ilmiah
Ciri-ciri karangan non-ilmiah
Ciri-ciri Karangan Ilmiah populer
Mahasiswa  menyimak,  mencatat, tanya jawab, membuat karangan
OHP, Papan Tulis, Buku Teks

No. 1, 5,  7, 8
5
Pokok Bahasan
 Metode Ilmiah
TIU : Mahasiswa menjelaskan dan memahami metode ilmiah.
Pengertian metode ilmiah
Tujuan mempelajari metode penulisan ilmiah
Sikap ilmiah
Langkah-langkah pelaksanaan penulisan ilmiah
Mahasiswa  menyimak,  mencatat, tanya jawab, tugas  
OHP, Papan Tulis, Buku Teks

No. 1,  5, 7, 8
6
Pokok Bahasan
 Karangan Ilmiah     
TIU : Mahasiswa memahami membuat timbangan buku, ringkasan, dan timbangan pustaka.
Timbangan buku
Rinngkasan
Timbangan pustaka
Mahasiswa  menyimak,  mencatat, tanya jawab
OHP, Papan Tulis, Buku Teks
No. 4,  7
7
Pokok Bahasan
 Karangan Ilmiah.  
TIU:  Mahasiswa mampu membuat karangan ilmiah skripsi, karangan ilmiah populer, dan jurnal



Skripsi, Thesis, dan Disertasi
Karangan Ilmiah Populer
Jurnal
Mahasiswa  menyimak,  mencatat, tanya jawab, tugas
OHP, Papan Tulis, Buku Teks

No. 1, 7, dan 8
8
Pokok Bahasan
  Menulis Laporan Ilmiah
TIU : Mahasiswa memahami cara penulisan laporan.
Macam-macam laporan
Ciri-ciri laporan
Persyaratan bagi pembuat laporan
Mahasiswa  menyimak,  mencatat, tanya jawab
OHP, Papan Tulis, Buku Teks

No. 2 dan 7
9
Pokok Bahasan
 Laporan Ilmiah
 TIU : Mahasiswa mampu membuat laporan teknis.
Unsur-unsur kerangka laporan
Manfaat penyusunan laporan
Mahasiswa  menyimak,  mencatat, tanya jawab, tugas
OHP, Papan Tulis, Buku Teks

No. 2 dan 7
10
Pokok Bahasan
 Rancangan Usulan Penelitian
TIU : Mahasiswa mampu membuat usulan penelitian.
Guna rancangan usulan penelitian
Bentuk dan isi usulan penelitian
Mahasiswa  menyimak,  mencatat, tanya jawab, tugas
OHP, Papan Tulis, Buku Teks

No. 1,  7, dan 8
11
Pokok Bahasan
 Surat Menyurat
TIU : Mahasiswa memahami dan membuat surat yang baik.
Arti dan fungsi surat
Syarat-syarat surat yang baik
Bahasa surat
Bagian-bagian surat
Contoh-contoh surat
Mahasiswa  menyimak,  mencatat, tanya jawab, tugas
OHP, Papan Tulis, Buku Teks

No. 6
12
Pokok Bahasan
  Curriculum Vitae
TIU : Mahasiswa dapat membuat curriculum vitae.
Manfaat vitae
Susunan itae
Isi vitae
Mahasiswa  menyimak,  mencatat, tanya jawab, tugas
OHP, Papan Tulis, Buku Teks

No. 7


 Tugas 1 Rekom Bahasa Indonesia 2

A.PENALARAN
Pengertian
Penalaran adalah suatu proses berpikir manusia untuk menghubung-hubungkan data atau fakta yang ada sehingga sampai pada suatu simpulan. Data atau fakta yang akan dinalar itu boleh benar dan boleh tidak benar. Di sinilah letaknya kerja penalaran. Orang akan menerima data dan fakta yang benar dan tentu saja akan menolak fakta yang belum  jelas kebenarannya. Data yang dapat dipergunakan dalam penalaran untuk mencapai satu simpulan ini harus berbentuk kalimat pernyataan. Kalimat pernyataan yang dapat dipergunakan sebagai data itu disebut proposisi.

 Menurut sumber lain menyebutkan, penalaran adalah proses berpikir yang  bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi -proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar. Dalam penalaran, proposisi yang dijadikan dasar penyimpulan disebut dengan premis(antesedens) dan hasil kesimpulannya disebut dengan konklusi (consequence). Hubungan antara premis dan konklusi disebut konsekuensi.

Definisi Penalaran Menurut Para Ahli
Keraf (1985: 5) berpendapat bahwa penalaran adalah suatu proses berpikir dengan menghubung-hubungkan bukti, fakta, petunjuk, yang menuju kepada suatu kesimpulan.

Bakry (1986: 1) menyatakan bahwa penalaran atau reasoning merupakan suatu konsep yang paling umum menunjuk pada salah satu proses pemikiran untuk sampai pada suatu kesimpulan sebagai pernyataan baru dari beberapa pernyataan lain yang telah diketahui.
Suria Sumantri (2001: 42) mengemukakan secara singkat bahwa penalaran adalah suatu aktivitas berpikir dalam pengambilan suatu simpulan yang berupa  pengetahuan.

B.     PENALARAN ILMIAH
Penalaran ilmiah dalam kaitannya dengan penulisan ilmiah.Penalaran adalah suatu proses berpikir terhadap suatu yang diamati dengan menghasilkan kesimpulan. Sedangkan, penulisan ilmiah merupakan suatu kegiatan penulisan berdasarkan hasil penalaran penulis terhadap permasalahan ilmiah.
Sedangkan pengertian dari Karya tulis ilmiah adalah tulisan yang didasari oleh pengamatan, peninjauan atau penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Atas dasar itu, sebuah karya tulis ilmiah harus memenuhi tiga syarat:
1.   Isi kajiannya berada pada lingkup pengetahuan ilmiah
2.   Langkah pengerjaannya dijiwai atau menggunakan metode ilmiah
3.   Sosok tampilannya sesuai da telah memenuhi persyaratan sebagai suatu sosok tulisan keilmuan. 

Dari pengertian tersebut dapat diketahui bahwa penalaran menjadi bagian penting dalam proses melahirkan sebuah karya ilmiah. Penalaran dimaksud adalah penalaran logis yang mengesampingkan unsur emosi, sentimen pribadi atau sentimen kelompok. Oleh karena itu, dalam menyusun karya ilmiah metode berpikir keilmuan yang menggabungkan cara berpikir/penalaran induktif dan deduktif, sama sekali tidak dapat ditinggalkan.

C.     GAGASAN YANG BERSIFAT ILMIAH

Contoh-contoh Bahasa Indonesia Ragam Ilmiah
Keseluruhan ciri bahasa Indonesia ragam ilmiah seperti yang telah disebutkan harus terwujud dalam karya tulis ilmiah yang dibuat oleh penulis. Untuk itu, perhatikan contoh-contoh dan ciri-ciri penulisan karya ilmiah berikut. Contoh-contoh berikut disajikan dalam bentuk yang salah sekaligus bentuk yang benar. 

a.    Cendekia
     Contoh :
1) Kemajuan informasi pada era globalisasi ini dikhawatirkan akan terjadi pergeseran nilai-nilai moral bangsa Indonesia terutama pengaruh budaya barat yang masuk ke Negara Indonesia yang dimungkinkan tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya dan moral bangsa Indonesia.
b.    Lugas dan Logis
Contoh:
1)   Kalau pada zaman Sunan Kalijaga dalam kesenian wayang termasuk ceritanya digunakan sebagai media penyebaran agama. Maka di masa sekarang lebih tepat apabila penanaman budi pekerti dalam cerita wayang melalui pengajaran apresiasi.
          c .   Jelas
Contoh:
1) Untuk mengetahui apakah baik dan buruknya pribadi seseorang dari tingkah dan lakunya dalam sehari-hari.
d.    Padat dan Ringkas
Contoh:
1) Pendidikan agama di sekolah dasar bagaimanapun tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya dukungan yang baik pula dari orang tua murid dalam keluarga.
e.    Formal dan Objektif
      Contoh:
1) Menurut Moeliono mengatakan bahwa bahasa ilmiah itu lugas, eksak, dan menghindari kesamaran dan ketaksaan dalam pengungkapan. (1989).
f.      Gagasan sebagai Pangkal Tolak
      Contoh:
1) Kita semua tahu bahwa pendidikan itu dilingkungan keluarga sangat penting dalam menanamkan moral Pancasila.
g.    Penggunaan Istilah Teknis
              Contoh:
1) Hazard Analysis Critical Control Point/HACCP adalah sistem penjaminan mutu dan keamanan pangan yang sangat dianjurkan oleh badan keamanan pangan internasional Codex Alimentarius Commission untuk diterapkan di industri pangan
h.    Konsisten
Contoh:
1) Perlucutan senjata di wilayah Bosnia itu tidak penting bagi muslim Bosnia. Untuk mereka yang penting adalah pencabutan embargo senjata.

D.     BERFIKIR DEDUKTIF DAN INDUKTIF

I.   Berpikir Deduktif
a.     Pengertian
Deduksi berasal dari bahasa Inggris deduction yang berarti penarikan kesimpulan dari keadaan-keadaan yang umum, menemukan yang khusus dari yang umum. Deduksi adalah cara berpikir yang di tangkap atau di ambil dari pernyataan yang bersifat umum lalu ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Penarikan kesimpulan secara deduktif biasanya mempergunakan pola berpikir yang dinamakan silogismus.Metode berpikir deduktif adalah metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus.

b.    Macam – Macam Penalaran Deduktif
Macam-macam penalaran deduktif diantaranya :
a)   Silogisme
Silogisme adalah suatu proses penarikan kesimpulan secara deduktif. Silogisme disusun dari dua proposi (pernyataan) dan sebuah konklusi (kesimpulan). Dengan fakta lain bahwa silogisme adalah rangkaian 3 buah pendapat, yang terdiri dari 2 pendapat dan 1 kesimpulan.
Contoh Silogisme:
 Semua manusia akan mati
Amin adalah manusia
Jadi, Amin akan mati (konklusi / kesimpulan)

b)   Entimen
Entimen adalah penalaran deduksi secara langsung. Dan dapat dikatakan pula silogisme premisnya dihilangkan atau tidak diucapkan karena sudah sama-sama diketahui.
Contoh Entimen :
 Proses fotosintesis memerlukan sinar matahari
Pada malam hari tidak ada matahari
Pada malam hari tidak mungkin ada proses fotosintesis

Dimana lebih lanjut penalaran deduktif terkait dengan rasionalisme dan penalaran induktif dengan empirisme. Secara rasional ilmu menyusun pengetahuannya secara konsisten dan kumulatif, sedangkan secara empiris ilmu memisahkan antara pengetahuan yang sesuai fakta dengan yang tidak. Karena itu sebelum teruji kebenarannya secara empiris semua penjelasan rasional yang diajukan statusnya hanyalah bersifat sementara, Penjelasan sementara ini biasanya disebut hipotesis.
Hipotesis ini pada dasarnya disusun secara deduktif dengan mengambil premis-premis dari pengetahuan ilmiah yang sudah diketahui sebelumnya, kemudian pada tahap pengujian hipotesis proses induksi mulai memegang peranan di mana dikumpulkan fakta-fakta empiris untuk menilai apakah suatu hipotesis di dukung fakta atau tidak. Sehingga kemudian hipotesis tersebut dapat diterima atau ditolak.

II.       Berpikir Induktif
a. Pengertian
Penalaran secara induktif dimulai dengan mengemukakan pernyataan-pernyataan yang mempunyai ruang lingkup yang khas dan terbatas dalam menyusun argumentasi yang diakhiri dengan pernyataan yang bersifat umum (filsafat ilmu.hal 48 Jujun.S.Suriasumantri Pustaka Sinar Harapan. 2005)
Berpikir induktif adalah metode yang digunakan dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal khusus ke umum. Hukum yang disimpulkan difenomena yang diselidiki berlaku bagi fenomena sejenis yang belum diteliti. Generalisasi adalah bentuk dari metode berpikir induktif.

b. Macam-macam Penalaran Induktif
Ada 3 macam penalaran Induktif :
1. Generalisasi
Merupakan penarikan kesimpulan umum dari pernyataan atau data-data yang ada.
Dibagi menjadi 2 :
a.   Generalisasi Sempurna / Tanpa loncatan induktif
Merupakan fakta yang diberikan cukup banyak dan meyakinkan.
 Contoh :
- Sensus Penduduk.
b.   Generalisasi Tidak Sempurna / Dengan loncatan induktif
Merupakan fakta yang digunakan belum mencerminkan seluruh fenomena yang ada.
Contoh :
Setelah kita menyelidiki sebagian bangsa Indonesia bahwa mereka adalah manusia yang suka bergotong-royong, kemudian kita simpulkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang suka bergotong-royong.

2. Analogi
Merupakan penarikan kesimpulan berdasarkan kesamaan data atau fakta. Pada analogi biasanya membandingkan 2 hal yang memiliki karakteristik berbeda namun dicari persamaan yang ada di tiap bagiannya.
Contoh :
Ronaldo adalah pesepak bola.
Ronaldo berbakat bermain bola.
Ronaldo adalah pemain real madrid.

3. Kausal
Merupakan proses penarikan kesimpulan dengan prinsip sebab-akibat.
    Terdiri dari 3 pola, yaitu :
                       i.          Sebab ke akibat = Dari peristiwa yang dianggap sebagai akibat ke kesimpulan sebagai efek.
Contoh : Karena terjatuh di tangga, Kibum harus beristirahat selama 6 bulan.
                     ii.          Akibat ke sebab = Dari peristiwa yang dianggap sebagai akibat ke kejadian yang dianggap penyebabnya.
Contoh : Jari kelingking Leeteuk patah karena memukul papan itu.
                    iii.          Akibat ke akibat = Dari satu akibat ke akibat lainnya tanpa menyebutkan penyebabnya.
c.    Contoh penalaran induktif
Harimau berdaun telinga berkembang biak dengan melahirkan. Babi berdaun telinga berkembang biak dengan melahirkan. Ikan paus berdaun telinga berkembang biak dengan melahirkan.
Kesimpulan : semua hewan yang berdaun telinga berkembang biak dengan melahirkan.

E.   PERBEDAAN KARYA ILMIAH DAN NON ILMIAH 

Istilah karya ilmiah dan nonilmiah merupakan istilah yang sudah sangat lazim diketahui orang dalam dunia tulis-menulis. Berkaitan dengan istilah ini, ada juga sebagian ahli bahasa menyebutkan karya fiksi dan nonfiksi. Terlepas dari bervariasinya penamaan tersebut, hal yang sangat penting untuk diketahui adalah baik karya ilmiah maupun nonilmiah/fiksi dan nonfiksi atau apa pun namanya, kedua-keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. 

Perbedaan-perbedaan yang dimaksud dapat dicermati dari beberapa aspek.Pertama, karya ilmiah harus merupakan pembahasan suatu hasil penelitian (faktual objektif). Faktual objektif adalah adanya kesesuaian antara fakta dan objek yang diteliti. Kesesuaian ini harus dibuktikan dengan pengamatan atau empiri. Kedua, karya ilmiah  bersifat metodis dan sistematis. Artinya, dalam pembahasan masalah digunakan metode atau cara-cara tertentu dengan langkah-langkah yang teratur dan terkontrol melalui proses  pengidentifikasian masalah dan penentuan strategi. Ketiga, dalam pembahasannya, tulisan ilmiah menggunakan ragam bahasa ilmiah. Dengan kata lain, ia ditulis dengan menggunakan kode etik penulisan karya ilmiah. Perbedaan-perbedaan inilah yang dijadikan dasar para ahli  bahasa dalam melakukan pengklasifikasian. Karya nonilmiah sangat bervariasi topik dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung fakta umum. Karangan nonilmiah ditulis berdasarkan fakta pribadi, dan umumnya  bersifat subyektif. Bahasanya bisa konkret atau abstrak, gaya bahasanya nonformal dan  populer, walaupun kadang-kadang juga formal dan teknis. Karya nonilmiah bersifat (1) emotif: kemewahan dan cinta lebih menonjol, tidak sistematis, lebih mencari keuntungan dan sedikit informasi, (2) persuasif: penilaian fakta tanpa bukti. Bujukan untuk meyakinkan  pembaca, mempengaruhi sikap cara berfikir pembaca dan cukup informative, (3) deskriptif: pendapat pribadi, sebagian imajinatif dan subjektif, dan (4) jika kritik adakalanya tanpa dukungan bukti.












Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar